Kamis, 27 Februari 2020

Redefinisi S.I 2019



Assalamualaikum Wr. Wb
Hallo semuanya... Kembali lagi ni


Pada materi kali ini, Saya akan menjelaskan tentang REDEFINISI S.I 2019

Redefinisi menyempurnakan penjabaran dari semua satuan dasar yang terdiri dari sekon (s), meter (m), kilogram (kg), ampere (A), kelvin (K), mole (mol) dan candela (cd). “Hal itu mengubah definisi dari penjabaran jenis satuan menjadi penjabaran jenis konstanta . 

Berdasarkan sumber yang saya baca di INDOPOS. Perubahan definisi SI ini merupakan tonggak sejarah menuju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih tinggi untuk berbagai kepentingan di seluruh dunia.

Definisi kilogram sebagai satuan massa dalam sistem internasional satuan (The International system of Units) secara resmi berubah. Itu yang disampaikan Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya.
Namun tidak mengubah pemanfaatan satuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Jadi pada dasarnya 1 kilogram tetaplah 1.000 gram. Yang berubah adalah definisi kilogramnya sebagai satuan massa dalam sistem internasional satuan.
Definis baru satu kilogram kini didasarkan pada tiga konstanta mendasar, yakni kecepatan cahaya; radiasi gelombang mikro alami atom cesium; dan konstanta Planck, yang menggambarkan ukuran paket energi yang digunakan atom dan partikel lain untuk menyerap dan memancarkan energi.
Redefinisi, diakuinya hanya berdampak pada lembaga metrologi (pengukuran) dan organisasi-organisasi yang bekerja dalam merealisasikan unit-unit SI, namun memperkecil ketidakpastian dan meningkatkan stabilitas satuan.
Redefinisi, urainya juga hanya memberikan dampak pada industri-industri yang bekerja pada level kepresisian yang tinggi, seperti industri optik untuk komunikasi dan industri pesawat luar angkasa.
SI merupakan hasil dari Konvensi Meter, yaitu kesepakatan antar negara pada 20 Mei 1875 untuk menciptakan suatu sistem pengukuran yang konsisten. SI menetapkan definisi untuk tujuh satuan dasar, yaitu sekon, meter, kilogram, ampere, kelvin, kandela dan mole.
Dari satuan - satuan tersebut , sebelumnya, hanya kilogram sebagai satuan dasar massa yang masih didefinisikan berdasarkan artefak atau benda fisik, yaitu massa prototipe kilogram yang terbuat dari campuran platinum-iridium, sementara satuan dasar lainnya ditetapkan berdasarkan beberapa konstanta fisika.
Nah... begitulah penjelasannya, Redefinisi SI 2019. Jadi, udah pada tahu kan, dan nggak penasaran lagi.


Sekian Terimakasih
Wasalammualaikum Wr. Wb

Nama : Sri Aini Septia
NIM   : A1C319019
Kelas  : Reguler A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar